Cegah Cacingan Pada Anak


Dewasa ini kesehatan menjadi salah satu faktor penting yang mesti diperhatikan oleh semua kalangan masyarakat indonesia dengan itu menjaga kesehatan haruslah dilakukan sejak dini. Namun ada beberapa orang yang selalu saja abai atau acuh terhadap kesehatan tubuh, padahal jika sudah terkena penyakit akan sulit kembali untuk sembuh dan juga biaya pergi ke dokter atau pergi ke rumah sakit tidaklah murah.

Salah satu penyakit yang selalu disepelekan ialah cacinga, penyakit dari binatang cacing ini selalu menganggu kita apalagi bagi anak-anak, maka selalu ada himbauan dari pemerintah untuk mendeteksi cacingan sejak dini agar tidak terlalu parah nanti sakitnya, karena memang penyakit ini bukan hanya menimbulkan penyakit biasa namun penyakit parah seperti HIV bisa saja menyerang pengidap cacingan.

Salah satu gejala yang sering dialami ketika salah seorang terkena penyakit cacingan ini ialah pantat terasa gatal, ini disebabkan oleh cacing-cacing yang masuk dari daerah anus dan bertelur di daerah anus, terkadang cacing bisa masuk ke tubuh kita juga karena memamakan makanan yang tidak terjaga kebersihannya, atau dari kulit cacing bisa saja masuk, dan yang harus diketahui adalah bahwa penyakit ini bisa menular.

Oleh karena itu jika sudah terdeteksi mengalami penyakit cacingan segerah beri penanganan pertama berupa memberikan obat cacing kepada si penderita agar cacing-cacing dapat terbunuh dan tidak lagi bertelur. Jika terus dibiarkan penyakit cacingan ini dapat menyebabkan anemia, IQ menurun, seseorang itu menjadi pemalasa dan tidak bergairah untuk melakukan aktivitas apapun, berat badan rendah meski sudah makan segala macam makanan bahkan yang berlemak sekalipun. Namun jika masih awal-awal penyakit cacingan itu ada memang sulit untuk diketahui namun lama-lama pasti akan diketahui bahwa seseorang mengidap penyakit cacingan.

Maka dari itu perlunya menjaga kebersiha ialah hal yang sangat penting, seperti mencucui tangan terlebih dahulu sebelum makan atau memastikan makanan yang kita makan memnag sudah higenis atau bersih, agar nantinya terhindar penyakit seperti cacingan karena membayangkannya saja pun sudah tidak sanggup.

0 Response to "Cegah Cacingan Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel